Pesawat pembom Tu 22 M (Туполев Ту-22М) dan oleh NATO diberi sebutan Backfire merupakan pesawat jet super sonic dengan sayap ayun. Pesawat pembom strategis jarak jauh dan pembom maritim ini dikembangkan oleh negara Uni Soviet dan beberapa buah diantaranya digunakan oleh Russian Air Force.
Penggunaan kode Tu 22 M adalah untuk mendapatkan persetujuan sebagai pesawat pembom dalam sistem Uni Soviet. Dan pesawat Tu 22 M ini menggunakan dasar persenjataan yang ada pada Tu 22. Pesawat ini dipersenjatai rudal nuklir anti kapal Kh 22.
Adapun varian-varian dari pesawat pembom Tu 22 ini adalah sebagai berikut :
* Tu-22M0
* Tu-22M1
* Tu-22M2
* Tu-22M2Ye
* Tu-22M3
* Tu-22MR
* Tu-22MP
* Tu-22ME
Untuk pesawat prototype Tu 22 M0 pertama kali terbang pad tanggal 30 Agustus 1969 dan pihak NATO pertama kali melihat pesawat ini sekitar waktu-waktu itu.
Adapun negara-negara yang pernah menggunakan adalah :
India (Angkatan laut)
Ukraina (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Uni Soviet (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Sedangkan yang sampai saat ini masih menggunakan adalah :
Rusia (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Spesifikasi dari pesawat Tu 22 M adalah sebagai berikut :
Karakteristik umum
* Kru: 4 (pilot, ko-pilot, bagian persenjataan/bagian pembom, operator sistem pertahanan)
* Panjang: 42.4 m (139 ft)
* Lebar sayap:
o Spread (20° sweep): 34.28 m (112 ft 6 in)
o Swept (65° sweep): 23.30 m (76 ft 5 in))
* Tinggi: 11.05 m (36 ft 3 in)
* Area sayap:
o Spread: 183.6 m² (1,976 ft²)
o Swept: 175.8 m² (1,892 ft²)
* Berat kosong: 58,000 kg (172,000 lb)
* Berat terisi: 112,000 kg (247,000 lb)
* Berat maksimum lepas landas: 126,000 kg (277,800 lb)
* Mesin: 2× Kuznetsov NK-25 turbofans, 245 kN (50,000 lbf) masing-masing
Performa
* Kecepatan maksimum: Mach 2.05 (2,327 km/h,)
* Jarak jangkau: 7,000 km (4,971 mi)
* Radius tempur: 2,410 km (1,500 mi)
* Batas tertinggi servis: 13,300 m (40,635 ft)
* Laju panjat: 15m/s (91ft/s)
* Beban sayap: 688 kg/m² (147 lb/ft²)
* Dorongan/berat: 0.40
Persenjataan
* Senjata api: 1 × 23 mm GSh-23 meriam yang dapat dikendalikan yang terdapat di bagian ekor.
* Titik keras: di sayap dan fuselage pylon serta ruang senjata di dalam badan pesawat dengan kapasitas 21,000 kg (46,300 lb)
* Untuk tipe-tipe Tu 22 dapat membawa 3 × rudal Raduga Kh-22 di dalam ruang senjata dan di pylon yang ada di sayap.
* Tu-22M3 dapat membawa 6 rudal pada MKU-6-1 peluncur putar pada ruang bom, ditambah 4 rudal pada pylon yang terdapat di kedua bagian bawah sayap ayun. Jadi pesawat ini secara total mampu membawa 10 rudal per pesawat.
* Berbagai macam bom misalnya : 69 × FAB-250 atau 8 × FAB-1500.
Kh-55 (AS-16 'Kent') peluru kendali jelajah jarak jauh yang dicoba pada pesawat Tu 22 M akan tetapi kenyataannya tidak pernah digunakan di pesawat ini.
Referensi :
http://www.ausairpower.net/APA-Backfire.html
Penggunaan kode Tu 22 M adalah untuk mendapatkan persetujuan sebagai pesawat pembom dalam sistem Uni Soviet. Dan pesawat Tu 22 M ini menggunakan dasar persenjataan yang ada pada Tu 22. Pesawat ini dipersenjatai rudal nuklir anti kapal Kh 22.
Adapun varian-varian dari pesawat pembom Tu 22 ini adalah sebagai berikut :
* Tu-22M0
* Tu-22M1
* Tu-22M2
* Tu-22M2Ye
* Tu-22M3
* Tu-22MR
* Tu-22MP
* Tu-22ME
Untuk pesawat prototype Tu 22 M0 pertama kali terbang pad tanggal 30 Agustus 1969 dan pihak NATO pertama kali melihat pesawat ini sekitar waktu-waktu itu.
Adapun negara-negara yang pernah menggunakan adalah :
India (Angkatan laut)
Ukraina (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Uni Soviet (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Sedangkan yang sampai saat ini masih menggunakan adalah :
Rusia (Angkatan Udara dan Angkatan Laut)
Spesifikasi dari pesawat Tu 22 M adalah sebagai berikut :
Karakteristik umum
* Kru: 4 (pilot, ko-pilot, bagian persenjataan/bagian pembom, operator sistem pertahanan)
* Panjang: 42.4 m (139 ft)
* Lebar sayap:
o Spread (20° sweep): 34.28 m (112 ft 6 in)
o Swept (65° sweep): 23.30 m (76 ft 5 in))
* Tinggi: 11.05 m (36 ft 3 in)
* Area sayap:
o Spread: 183.6 m² (1,976 ft²)
o Swept: 175.8 m² (1,892 ft²)
* Berat kosong: 58,000 kg (172,000 lb)
* Berat terisi: 112,000 kg (247,000 lb)
* Berat maksimum lepas landas: 126,000 kg (277,800 lb)
* Mesin: 2× Kuznetsov NK-25 turbofans, 245 kN (50,000 lbf) masing-masing
Performa
* Kecepatan maksimum: Mach 2.05 (2,327 km/h,)
* Jarak jangkau: 7,000 km (4,971 mi)
* Radius tempur: 2,410 km (1,500 mi)
* Batas tertinggi servis: 13,300 m (40,635 ft)
* Laju panjat: 15m/s (91ft/s)
* Beban sayap: 688 kg/m² (147 lb/ft²)
* Dorongan/berat: 0.40
Persenjataan
Sembilan stasiun MER yang digunakan untuk membawa 500 lb bom kelas FAB 250
Ruang bom yang dapat memuat Kh 15 / AS 16 Kickback yang sama dengan AGM 69 SRAM
Kh 15 / AS 16 Kickback yang sama dengan AGM 69 SRAM
BD 45 K/F adaptor yang digunakan untuk membawa sepasang Kh 22 N Burya ( AS 4 Kitchen ) di bagian luar badan pesawat. Bagian ini dapat juga di ganti dengan rak bom yang muat sampai dengan berat 3 ton lebih bom ( free fall bomb ).
Ruang bom yang dapat memuat Kh 15 / AS 16 Kickback yang sama dengan AGM 69 SRAM
Kh 15 / AS 16 Kickback yang sama dengan AGM 69 SRAM
BD 45 K/F adaptor yang digunakan untuk membawa sepasang Kh 22 N Burya ( AS 4 Kitchen ) di bagian luar badan pesawat. Bagian ini dapat juga di ganti dengan rak bom yang muat sampai dengan berat 3 ton lebih bom ( free fall bomb ).
* Senjata api: 1 × 23 mm GSh-23 meriam yang dapat dikendalikan yang terdapat di bagian ekor.
* Titik keras: di sayap dan fuselage pylon serta ruang senjata di dalam badan pesawat dengan kapasitas 21,000 kg (46,300 lb)
* Untuk tipe-tipe Tu 22 dapat membawa 3 × rudal Raduga Kh-22 di dalam ruang senjata dan di pylon yang ada di sayap.
* Tu-22M3 dapat membawa 6 rudal pada MKU-6-1 peluncur putar pada ruang bom, ditambah 4 rudal pada pylon yang terdapat di kedua bagian bawah sayap ayun. Jadi pesawat ini secara total mampu membawa 10 rudal per pesawat.
* Berbagai macam bom misalnya : 69 × FAB-250 atau 8 × FAB-1500.
Kh-55 (AS-16 'Kent') peluru kendali jelajah jarak jauh yang dicoba pada pesawat Tu 22 M akan tetapi kenyataannya tidak pernah digunakan di pesawat ini.
Referensi :
http://www.ausairpower.net/APA-Backfire.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar