Kamis, 07 Juli 2011

MUSKO NAVAL BASE

MUSKO NAVAL BASE

Ketika dunia sedang berperang hanya ada satu tempat yang benar-benar aman dan itu bawah tanah. Itu sebabnya dunia saat ini dipenuhi dengan pangkalan militer di bawah tanah banyak yang masih rahasia saat ini. Banyak meskipun telah dibuka untuk publik dan beberapa bahkan terbuka untuk umum. Swedia Muskö (Musköanläggningen) Naval Base adalah salah satu yang terlihat langsung dari sebuah film Hollywood.
Musko adalah sebuah pulau yang dhubungkan dengan sebuah terowongan bawah tanah melewati bawah laut. Dan di waktu damai ada sekitar 800 pekerja bekerja di sana.


Foto keseluruhan

Pelabuhan Musko

Di foto ini saya yakin anda isa melihat dua terowongan dan di baian kanan atas adalah pelabuhan.

Pintu masuk barat daya

Pintu masuk sebelah utara

Pangkalan angkatan laut Muskö merupakan fasilitas angkatan laut Swedia bawah tanah di pulau Muskö tepat di sebelah selatan Stockholm di Haninge Kota (Haninge Komun).
Terletak di Swedia, Musko merupakan fasilitas militer bawah tanah terbesar di dunia. Dipergunakan untuk Pangkalan Angkatan Laut. Dibangun di bawah gunung batu granit, jadi kemungkinan kecil untuk dihancurkan oleh meriam, bom penghancur bunker, rudal, dan sebagainya, bahkan oleh senjata nuklir sekalipun.
Pembangunan dasar dimulai pada tahun 1950 dan selesai 19 tahun kemudian pada tahun 1969. Selama konstruksi sekitar 1,5 juta ton batu telah dihapus. Ini memiliki 3 dok, awalnya dirancang untuk kapal perusak dan kapal selam . Basis bawah tanah itu sendiri memiliki luas beberapa km ² dan terhubung dengan 20 km (12 mil) dari jalan bawah tanah. Sebuah km 3 (1.9 mi) panjang, jalan lorong sempit berbahaya menjalankan beberapa 70 meter (230 kaki) di bawah permukaan laut dan Muskö menghubungkan daratan pulau.
Foto dari terowongan yang menghubungkan Muskö dengan daratan utama. Terowongan ini panjangnya 3 km dan dibangun pada tahun 1964 (ini sedang dalam perbaikan).

Foto beberapa orang dari hostel af Chapman di Muskö untuk perbaikan.


Musko digunakan untuk pembuatan kapal Fregat, Kapal Perusak dan kapal selam mempunyai dermaga terpanjang mencapai 350 meter. Ada tempat perbaikan kapal, rumah sakit, diningrooms, barak, mall, meeting room dan lain-lain, semua di bawah gunung. Ada rumah sakitnya juga. Jika terjadi perang ribuan tentara terluka/cedera bisa dirawat di dalamnya dengan kapasitas rumah sakit mencapai 1000 tempat tidur.
Dok 1 dan dok 2 mempunyai panjang 145 meter dan sekitar 14 meter tingginya.
Kedua dok tersebut dihubungkan terowongan panjang sepanjang 250 meter.
Dok 3 panjangnya 150 meter dan diunakan untuk kapal selam.
Dok dapat dibagi untuk menampung beberapa kapal. Ada juga pintu gerbang yang dapat menutup pangkalan dari elemen luar.
Yang keempat adalah 'Risdalsslipen' terowongan sepanjang 350 meter untuk area kerja dimana kita dapat mendorong masuk, mengangkat kapal dan lain sebagainya.

Kapal perusak Angkatan Laut Swedia HMS Småland di salah satu dok bawah tanah di Pankalan Angkatan Laut Muskö.

Fregat Angkatan Laut Swedia (HMS Sundsvall) memasuki salah satu terowongan Pangkalan Angkatan Laut yang sedang terbuka.




Foto baru dari Muskö

HMS Kullen

 


 




Beberapa orang yang sedang mencoba kapal torpedo tua T 121 Spica.

Hajen class (Shark class) adalah kapal selam yang dibuat oleh Kockums dan digunakan oleh Angkatan Laut Swedia. Rancangan terpengaruh oleh kapal selam Jerman Type XXI. Ada 6 buah kapal selam Hajen class yang dibuat antara tahun 1954 - 1958. Dan tetap dipertahankan sampai tahun 1980.
Kapal selam Hajen class yang pertama dibangun adalah HMS Hajen pada tahun 1954, kemudian diikuti oleh HMS Sälen, HMS Valen (1955), HMS Bävern (1958), HMS Illern (1957) dan HMS Uttern (1958).

 
Dalam film James Bond ada yang secara langsung terinspirasi oleh pangkalan angkatan laut Musko ini. Di foto tersebut yang diambil tahun 1950an tampak ada 3 kapal selam di dalam satu dok.

HMS Uttern (1960-80) meninggalkan dok kapal selam.

Kapal selam Nacken class yang juga dikenal sebagai type A14 dibangun untuk Angkatan laut Swedia pada akhir tahun 1970. Kapal selam ini mulai dibangun tahun 1972 dan program selesai tahun 1981. Semua kapal selam dibangun oleh Kockums di Karlskrona. Kapal selam type ini memiliki teardrop hull dan sanggup menyelam di kedalaman 150 meter. Antara tahun 1987 dan 1988 kapal selam Nacken class diubah dengan penambahan Air Independent Propulsion (AIP) menggunakan mesin Stirling system tertutup. Teknologi ini menyebabkan kemampuan menyelam di bawah air menjadi 14 hari dan diadopsi oleh kapal selam Swedia. Pada awal tahun 2000 kapal selam Nacken class dipensiunkan dari Ankatan laut Swedia. HMS Nacken pernah disewa oleh Angkatan Laut Denmark pada tahun 2001 dan diberi nama Kronborg, akan tapi kemudian dikembalikan pada tahun 2005. Pada tahun 2011 tiga kapal selam Nacken class yaitu Nacken, Neptun dan Najad bersandar di Pangkalan Angkatan Laut Karlskrona Swedia. Dan kapal selam HMS Neptun akan dipajang sebagai museum.

 

Foto yang lain yang memperlihatkan sebuah kapal selam sedang menjalani perbaikan di salah satu terowongan bawah tanah.

Foto lama, kapal selam Angkatan Laut Swedia "Nacken".......



Berikut gambar dari daerah pasokan fasilitas. Ini tampak seperti pusat perbelanjaan. :


Selama Perang Dingin fasilitas bawah tanah itu disimpan sangat rahasia dan tidak banyak informasi mengenai hal itu adalah dikenal masyarakat.Pada tahun 2004 pemerintah Swedia memutuskan bahwa angkatan laut harus terkonsentrasi pada satu dasar saja, basis angkatan laut Karlskrona , dan banyak dari basis Muskö ditutup. Hari ini beberapa bagian fasilitas tersebut masih digunakan oleh militer. Galangan kapal bawah tanah dioperasikan oleh Kockums AB dan Muskövarvet AB.
Salah satu insiden kapal selam Swedia pada bulan Oktober 1982, berlangsung di pangkalan angkatan laut Muskö.
Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2000, menyimpulkan bahwa sedimentasi di terowongan menuju ke dermaga berisi PCB, organotin senyawa dan logam berat, terutama merkuri dan tembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar