Senin, 25 Oktober 2010

Ka 50-2 ENDORGAN

Ka 50 merupakan versi produksi dari prototype V-80Sh-1. Produksi helikopter serbu ini atas order dari pemerintah Rusia tanggal 14 December 1987 dan mulai beroperasi tahun 1995.
Perusahaan Kamov telah membangun model baru berdasarkan Ka 50 Hokum A (istilah yang diberikan NATO) / Black Shark (istilah yang diberikan Russia) asli yaitu :

* Ka-50-2 Erdogan ( 1997 ) – versi export dibangun bersama Israel ( Israel Aerospace Industries ) dan versi ini mempunyai dua tempat duduk posisi salah satunya berada dibelakangnya yang lain dengan cocpit ganda dan dilengkapi peralatan avionic dari Israel dan khususnya untuk Turki.
* Ka-52 Alligator / Hokum B ( airframe mulai dibuat pertengahan 1996 dan mulai produksi massal tahun 2008 ) – Versi ini juga versi bertempat duduk ganda model bersebelahan ( side by side ) yang digunakan untuk helicopter komando.
* Ka-50N ( 1993) – Versi dengan peralatan tempur di malam hari yaitu Shkval-N sighting system yang termasuk didalamnya sensor infra merah.

Ka 50 adalah helikopter pertama dan satu-satunya yang bertempat duduk tunggal, helikopter serbu dengan menggunakan rotor coaxial, dan helikopter pertama kali dengan kursi lontar model zero-zero ejection seat.

Helicopter Ka 50-2 Endorgan ini mempunyai cocpit ganda "Glass cocpit" dengan peralatan yang berupa multifunctional displays and Control & Display Unit (CDU), dikendalikan menggunakan centralized Mission dan Display computers, serta flight navigation. Lalu p...engoperasian helikopter menggunakan Multi-Mission Optronic Stabilized Payload (HMOSP) targeting system. Helikopter ini bisa melakukan pertempuran di siang dan malam karena adanya Night Vision Goggles (NVG) serta siang dan malam targeting sistem.

Kalau diamati persenjataan yang bisa dibawa pada sayapnya seberat 2300 kg yang berupa 2 buah rudal udara ke udara IGLA-V (Neeedle C), kemudian 16 buah rudal anti tank AT 16, serta 2 buah roket pod kaliber 80 mm dimana setiap roket pod berisi 20 roket, selain itu juga masih ditambah senapan mesin kaliber 30 mm berisi 500 peluru.
Untuk lebih jelasnya bisa membaca di sumber tersebut di bawah :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar