Kamis, 18 Maret 2010

L-15

L-15

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Hongdu_L-15

L-15 Falcon (猎鹰) adalah pesawat latih dan serang ringan supersonik buatan AVIC II China.

Penjelasan

L-15 Falcon adalah pesawat latih canggih yang saat ini sedang dikembangkan oleh Hongdu Aviation Industry Corporation (HAIG) di Nanchang. Pesawat ini terbang pertama kali pada 13 maret 2006. Pengembangan pesawat ini dibantu oleh Yakovlev OKB Rusia. L-15 adalah pesaing langsung dari JL-9/FTC-2000 Mountain Eagle produksi Guizhou Aircraft Industry Corporation (GAIC) untuk kompetisi program pesawat latih canggih generasi lanjut (next-generation advanced trainer aircraft program) untuk AU China (PLAAF - People's Liberation Army Air Force ) .

L-15 yang mempunyai 2 mesin dan 2 tempat duduk dilaporkan sarat dengan teknologi canggih terbaru seperti digital quadruple fly-by-wire (FBW), glass cockpit, dan kontrol penerbangan hands-on-throttle-and-stick (HOTAS) . Kemampuan aerodinamika pesawat ini banyak diuntungkan dengan desain leading edge extensions (LEX) besar , yang memberikan sudut serang (angle of attack) maksimum 30°. Hal ini sangat penting untuk mensimulasi pergerakan dari pesawat canggih geherasi keempat semacam F-16 atau Su-27.

Dengan L-15, siswa pilot bisa menyelesaikan misi pelatihan terbang dan pelatihan tempur canggih untuk pesawat tempur generasi keempat, juga kursus pelatihan penerbangan jet dasar. Pesawat ini juga memiliki enam (empat dibawah sayap dan dua diujung sayap) cantelan (pilon) untuk membawa senjata udara ke udara atau udara ke darat. Kalau perlu pesawat ini bisa digunakan sebagai pesawat serang ringan denagn sedikit modifikasi.Produksi skala kecil akan dimulai pada 2007

Spesifikasi

General characteristics

o         Crew: 2

             (1 student pilot and 1 instructor/official pilot (trainer), 

             or 1 official pilot and 1 weapons systems officer

o         Length: 12.27 m ()

o         Wingspan: 9.48 m ()

o         Height: 4.81 m ()

o         Empty weight: 4.96 t (6.5 t)

o         Max takeoff weight: 9.5 t ()

o         Powerplant: 2× turbofan DV-2F.

            Progress AI-222K-25F afterburning turbofans

Performance

o         Maximum speed: Mach 1.4

o         Range: 3,100 km ()

o         Combat radius: Over 550+ km ()

o         Service ceiling: 16,000 m ()

o         Rate of climb: >200 m/s (afterburnering) ()

o         g-Limits: +8.0/-3.0 g

Export

Venezuela Air Force dan Pakistan Air Force tertarik dengan pesawat ini yang akan digunakan untuk pesawat latih tempur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar