Selasa, 26 April 2011

UZI SENAPAN OTOMATIS ANDALAN SATUAN BERSENJATA ISRAEL

“UZI, senapan otomatis andalan satuan Angkatan Bersenjata Israel”
Disadur oleh: Kolonel Ir.Dradjat Budijanto.

Prakata.
Sejak tahun 1954, kesatuan Angkatan Bersenjata Israel dipersenjatai dengan suatu senapan otomatis, yang kita kenal kini dengan nama Uzi. Sebenarnya, Uzi bukanlah suatu senjata baru, pengembangannya bahkan telah dimulai sejak tahun 1949, dipabrik senjata Ramat Ha Sharon. Sejak saat itu, ada banyak macam model senjata Uzi yang diproduksi, ada yang memiliki panjang 203 mm, pada beberapa versi memiliki popor kayu yang panjang, kemudian dimodifikasi dengan popor metal yang dapat dilipat, yang dijadikan senjata andalan paratroop mereka. Senjata ini mengambil nama Chief Constructornya, letnan Uziel Gal. Senjata ini dibuat dengan konstruksi dari berbagai asal, mulai dari yang mereka kembangkan sendiri, maupun yang mengambil prinsip konstruksi dari senjata buatan asing, khususnya konstruksi sambungan teleskop, demikian juga letak magasen didalam grip pistolnya.

Uzi Popor Lipat

Pengembangan Uzi
Salah satu model yang diambil oleh Uzi untuk diadopsi dalam designnya adalah senjata buatan Chekoslowakia, yaitu senapan otomatis model 23 dan model 25, yang dikenal dengan julukan “burp gun”, karena kecepatannya melontarkan peluru. Model ini disamping pistol mitralideur Madschen, termasuk yang dianalisa oleh para konstruktor Uzi, untuk dikembangkan lebih lanjut. Mengingat model Uzi yang demikian tahan banting, enak digenggam dan dalam pemakaiannya memiliki keandalan tinggi, maka dalam waktu yang singkat, Uzi yang relatif masih amat muda usianya, telah berkembang menjadi salah satu senjata jenis senapan otomatis/pistol mitralieur yang paling banyak beredar didunia. Negara negara yang menggunakan Uzi antara lain adalah Jerman, Iran, Belanda, Portugal, Thailand dan Venezuela, Portugal, dan negara negara di benua Afrika, Asia dan Amerika Selatan lainnya. Di Belgia, Firma Fabrique Nationale (FN) membuat senjata dengan lisensi Uzi, yang diberi nama MP 2 dengan popor kayu, dan MP 2A1 yang menggunakan popor metal yang dapat dilipat. Bahkan Afrika Selatan, yang selama itu dikenai embargo senjata karena politik apartheidnya, juga mendapat lisensi dari Israel untuk memproduksi Uzi.

Prinsip kerja Uzi.
Senapan otomatis Uzi, kadang juga disebut Pistol Mitralieur karena bentuknya yang mirip dengan pistol, akan tetapi dapat memuntahkan peluru dengan kecepatan suatu mitralieur, merupakan suatu senjata yang menggunakan prinsip pemuatan peluru dengan menggunakan gas buang untuk mengaktifkan sistem tolak balik, memiliki laras yang tetap/tidak bergerak, dan balok penutup masiv. Balok penutup depan yang berrongga, tidak terletak dibelakang laras, melainkan melingkupinya dan bergerak maju mundur dalam suatu pengantar. Konstruksi kompak semacam ini, yang diadopt dari pistol mitralieur Cheko model MP 25 dan MP 23, atau MP 24 dan MP 26, memberikan keuntungan, bahwa magasen peluru lalu dapat diintegrasikan kedalam grip pistol.
Titik berat senjata ini terletak tepat diatas grip pistol, perobahan massa berat senjata saat ditembakkan relatif menjadi amat kecil, karena itulah, maka Uzi saat ditembakkan dengan salvo panjang pun, kestabilannya tetap terjamin. Menembak dengan senjata ini boleh dikatakan sama tenangnya dengan menembakkan pistol jenis otomatis seperti FN 9 mm, bahkan mungkin lebih tenang, sebab repositioning titik berat seperti yang diuraikan diatas!
Dengan konstruksinya yang menempatkan sebagian besar panjang laras didalam balok penutup, dan hanya sedikit menonjol keluar dari perumahannya, maka senjata ini dapat digunakan dengan amat baik, juga dalam keadaan ruang menembak yang amat sempit, seperti dari jendela tempur panzer, atau dari kisi kisi sempit perlindungan dalam pertempuran dari rumah kerumah!. Laras senjata ini dapat diganti dengan mudah, cukup hanya dengan menekan dan memutar mur, maka pengunci kedudukan laras akan terlepas. Tepat seperti pada pistol mitralieur Madschen yang dipergunakan oleh TNI.AD. Panjang laras keseluruhannya 254 mm. Kemudahan penggantian laras semacam ini akan amat menjamin keakuratan tembakan Uzi, sepanjang umur badan senjatanya!

Uzi Popor Pejal (kayu)

Amunisi yang dipergunakan.

Peluru yang dipergunakan Uzi adalah Parabellum 9 X 19, disupply dengan magasen yang isinya bervariasi mulai dari isi 25 peluru sampai isi 32 peluru. Untuk dapat mengganti magasen yang kosong dengan cepat, maka dua magasen dipasang dengan bantuan suatu pemegang yang akan memegang kedua magasen tersebut dalam kedudukan siku (periksa gambar terlampir). Ujung laras Uzi dapat dipasangi berbagai peralatan bantu, yang memungkinkan Uzi dipakai untuk melontarkan granat, seperti system Energa pada senapan model Jungle Rifle yang dipergunakan oleh satuan Mobile Brigade (sekarang: Brimob) pada sekitar tahun 1954. Lontaran granat yang ditembakkan dengan patron gas pelontar secara ini akan dapat mencapai jarak sekitar 60 sampai 80 meter.

Kecepatan tembak permenit.
Kecepatan tembak permenit Pistol Mitralieur Uzi pada tembakan repetir mencapai 60 peluru per menit, sedangkan dengan tembakan beruntun akan mencapai 100 sampai 120 peluru per menit. Dari pabrik pembuatnya, untuk memperoleh hasil tembakan yang paling efektif, disarankan penembakan dilakukan dengan tembakan beruntun singkat yang memuntahkan dua sampai empat peluru per tembakan. Jarak tembak efektif senjata ini dalam kedudukan menembak otomatis adalah 100 meter, sedangkan dengan tembakan salvo satu per satu, jarak efektifnya meningkat menjadi 200 meter. Jarak lontar balistik pelurunya sendiri dapat mencapai 2200 meter, yang menunjukkan keefektifan system laras Uzi untuk meluncurkan projektil, sekaligus juga menunjukkan keefektifan powder boosternya!

Alat bidik dan peralatan pengaman.
Pistol mitralieur Uzi menggunakan alat bidik bagian belakang yang berupa suatu sisir dioptri yang dapat dilipat, yang dapat disetel pada jarak tembakan 100 meter maupun jarak 2000 meter. Disamping itu, masih ada vizier berbentuk kerucut pada bagian depan.Baik sisir bidik dibelakang maupun vizier depan dilindungi oleh pelindung metal.Jarak antara vizier depan kevisier belakang 309 mm.

Uzi Mini

Pada bagian punggung dari grip pistol , disisi kiri, dibawah perumahan senjata, terdapat pengaman tembakan. Pengaman ini dikombinasikan dengan alat pengatur tembakan repetir atau otomatis, yang dapat dioperasikan dengan jempol tangan kanan.Knop penegang pegas yang terdapat pada samping perumahan senjata disisi kanan, memiliki fungsi pengaman khusus lainnya, sejauh penegang tidak ditegangkan penuh, senjata ini tidak dapat ditembakkan.


Bongkar pasang senjata.
Pelaksanaan bongkarpasang senjata Uzi guna melakukan pemeliharaan dan pembersihan, tidak memerlukan peralatan samasekali. Dengan menekan penutup perumahan senjata yang terletak dibagian bawah vizier, kita akan dapat membuka perumahan. Kemudian, mur pengencang ditekan untuk melepaskannya dari kunci pengaman sambungan, laras akan dapat ditarik kedepan keluar dari perumahan senjata. Berikutnya, kita dapat mengeluarkan grip pistol dan picu serta magasen peluru. Popor kayu, yang satu ini khusus bagi senjata versi awal, dapat dilepaskan dengan menekannya agar terlepas dari knop pengunci. Untuk senjata dengan popor metal yang dapat dilipat, cara melepasnya tidak dapat dilakukan seperti itu. Engsel yang memungkinkan popor metal ini dilipat, terikat mati dengan baut dibagian bawah badan senjata.

Uzi Micro

Material pembentuk komponen senjata.
Laras, balok penutup dan bagian bagian kecil lainnya seperti mur pengencang laras, pengaman terbuat dari baja, sedangkan grip serta pelindung panas laras terbuat dari plastik komposite tahan panas. Beberapa komponen lain terbuat dari logam ringan yang stabil. Firma IMI kadang kadang mencetak peralatan bantu secara produksi seri, kadang pula hanya atas pesanan. Peralatan Bantu yang dicetak antara lain sangkur / bayonet, moncong laras khusus untuk pelontaran granat, pengisi magasen, sabuk pembawa tas magasen, klem siku pemegang magasen, yang dipergunakan untuk mengikat dua magasen dalam kedudukan siku, lampu sorot khusus beserta baterenya, yang dapat dipasang dibawah moncong laras.

Data data teknis Pistol Mitralieur Uzi.
Kaliber: 9 mm Patron:
Kecepatan awal peluru: 400 m/det Panjang laras:
Panjang senjata keseluruhan: 470 mm Tarikan/ arah:
Dengan laras dilipat
Kecepatan tembak: 600 / menit
Supply peluru: magasen lurus berisi 25 atau 32 peluru.
Berat senjata dengan 32 peluru, popor kayu: 4,21 kg
Berat senjata dengan 25 peluru, popor kayu: 4,10 kg
Berat senjata dengan 32 peluru, popor metal: 4,11 kg
Berat senjata dengan 32 peluru, popor metal: 4.00 kg
Berat magasen 32 peluru, penuh: 0,61 kg
Berat magasen 32 peluru, kosong: 0,22 kg
Berat magasen 25 peluru, penuh: 0,51 kg
Berat magasen 25 peluru, kosong: 0,20 kg

Sumber penulisan dan gambar:
“Illustrierte Enzyklopaedie der Schutzenwaffen aus aller Welt”, Gunter Wollert, Reiner Lidschun, Wilfried Kopenhagen, Militar Verlag der Deutschen Demokratischen Repu blik, Berlin.

2 komentar:

  1. Apakah Uzi tidak di design menggunakan peredam

    BalasHapus
  2. Uzi bisa memakai peredam tetapi harus dipasangi ukiran pemasang peredam :)

    BalasHapus